Thursday, March 2, 2017

Rangkuman Wawasan Ipteks

Share it Please


WAWASAN IPTEKS



DOSEN : Dr.Ir.ABD.RASYID JALIL,M.Si


NAMA : ANDI MUHAMMAD RYAS YUNUS
NIM     : B11116377
PRODI  : ILMU HUKUM
KELAS  : IPTEKS 21
TUGAS : Rangkuman Riwayat Diskusi




KELOMPOK 1 (MANUSIA DAN ALAM SEMESTA)
1. BAGAIMANA MENURUT KELOMPOK ANDA TENTANG PERKEMBANGAN IPTEKS SEKARANG, YANG MEMBUAT DEKAT MENJADI JAUH DAN JAUH MENJADI DEKAT, APAKAH KITA HARUS KEMBALI KE ZAMAN DULU ?
            Menurut pandangan saya, memang ipteks ini pada kenyataannya mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat, yah itulah globalisasi, kita tidak boleh memandang ipteks ini dari satu sisi pandangan saja secara subjektif, kita harus memandang ipteks ini dari segala sisi, disamping ipteks ini menimbulkan yang dekat ini menjadi jauh, ipteks juga membantu untuk mendekatkan kita dari yang jauh, jadi dari segi luasnya sebaiknya kita menyikapi perkembangan ipteks ini sebagaimana mestinya, karena ipteks juga memberikan manfaat yang sangat besar terhadap manusia. Nah, pada masalah kembali ke zaman dulu, mungkin saya kurang setuju karena, yang pada hakikatnya tak ada waktu yang berjalan mundur dan bumi itu bersifat dinamis, yang mengikuti perkembangan zaman, jadi tidak muungkin kita kembali ke zaman dulu dan menggunakan kebiasaan kebiasaan dulu. Dan kita ketahui juga manusia itu memiliki sifat yang tak pernah puas, kalaupun kita kembali ke zaman dulu, tidak menutup kemungkinan hal sekarang ini akan terjadi lagi, jadi intinya adalah bagaimana ketika menyikapi dengan baik dan mengikuti perkembbangan ipteks saat ini dan masa mendatang.
2. KENAPA MANUSIA TIDAK PERNAH PUAS ? DAN BERIKAN CONTOHNYA!
            Nah, pertanyaan ini sangatlah menarik, bahwa mengaoa manusia itu tidak pernah puas? Kalau kita melihat sekitar ribuan tahun yang lalu, dimana ada seorang yang berfikiran ataukah mempertanyakan mengapa kita harus percaya dengan Dewa yang kita tidak ketahui pastinya? Lalu dia pun bertanya terus menerus? Merenungi kenapa kita ini diciptakan? Dari mana kita ini diciptakan ? itu adalah “Thales” filsuf yunani pertama. Ini membuktikan bahwa kita memang dari zaman dahulu sampai sekarang bias dikatakan tidak pernah puas, kita bahas hal hal mendasar saja, mungkin setiap hari kita memiliki satu pertanyaan dalam hidup kita, dimana menurut saya ketika kita bertanya? Maka seketika itulah muncul suatu ketidak puasan dalam diri kita, dan memang kita diberikan akal oleh Sang Pencipta untuk berfikir, salah satunya yaitu bertanya.dan menurut agama agam wahyu juga, pada masa awal manusia ada dibumi, itu karena suatu ketidakpuasan batin dari  Nabi Adam, karena rasa penasaran atau pertanyaan kepada buah huldi tersebut.





KELOMPOK 2 (ILMU PENGETAHUAN DAN PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN)
1. MENURUT ANDA, ILMU PENGETAHUAN LEBIH BANYAK POSTITIFNYA ATAU NEGATIFNYA, KENAPA ?
            Menurut saya segala sesuatu yang diciptkan pasti ada negative dan positifnya, mengapa demikian? Karena sejauh yang saya alami bahwa segala sesuatu yang diciptkakan  itu tidak ada yang sia-sia, artinya semua ilmu pengetahuan itu memiliki positif dan negatif, artinya menurut saya sesuatu itu tergantung pada bagaimana kita menerapkan ilmu pengetahuan, jika kita menerapkan ilmu pengetahuan sebagaimna mestinya atau bias dikatakan yang bermanfaat, maka ilmu itu akan memiliki banyak dampak positif bagi kita, begitupun sebaliknya, jadi kesimpulannya bahwa kita tidak bias menyalahkan objeknya(ilmu pengetahuan) yang notabenenya banyak orang yang berkata bahwa ilmu pengetahuan ini banyak kerugiannya, tetapi oknum oknum yang menggerakkan objek ini kan ayang membuatnya begitu.

2. BAGAIMANA PENDAPAT ANDA?, APAKAH PADA TAHUN YANG AKAN DATANG PENGETAHUAN ITU AKAN BERHENTI BERKEMBANG?
            Menurut saya, nah kita berbicara tentang yang akan datang, kalau kita berbicara tentang masa yang akan datang maka ada 2 pilihan, masa yang akan di akhirat ataukah didunia, saya akan membahas lebih mendalam tentang didunia.didunia ini tidak sesuatu yang tak terbatas kecuali Sang Pencipta(Allah SWT),jadi saya akan mengecualikan terlebih dahulu tanpa mengurangi esensi dari Allah SWT, didunia ini segala sesuatu itu terbatas, baik itu sumber daya alam hayati, maupun ilmu pengetahuan yang dari dulu hingga sekarang berkembang dengan pesat, jadi dapat saya simpulkan bahwa, ilmu pengetahuan itu memiliki batas perkembangan dan akan berhenti ketika sudah mencapai batas ataupu berhenti jika sudah semestinya berhenti, mungkin itu karna ketidakpedulian lagi manusia yangb akan daatang terhadap ilmu pengetahuan ataupun dihentikan oleh hari kiamat,jadi menurut saya ilmu pengetahuan itu terbatas dan mempunyai akhir.







KELOMPOK 3 (ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI)
1.  YANG MANAKAH LEBIH DULU ADA ILMU ATAU PENGETAHUAN ?
Menurut saya yang lebih dulu ada yaitu pengetahuan karena Untuk bepengetahuan seseorang cukup buka mata, buka telinga, pahami realitas, hafalkan, sampaikan. Adapun untuk berilmu, maka metodenya menjadi lebih serius. Tidak sekedar buka mata, buka telinga, pahami realitas, hafalkan, sampaikan, secara serampangan. Seseorang yang ingin berilmu, pertama kali ia harus membaca langkah terakhir manusia berilmu, menangkap masalah, membuat hipotesis berdasarkan pembacaan langkah terakhir manusia berilmu, kemudian mengadakan penelitian lapangan, membuat pembahasan secara kritis dan akhirnya barulah ia mencapai suatu ilmu. Ilmu yang ditemukannya sendiri. Jadi ilmu itu adalah ketika seseorang telah berpengetahuan dan menyusunnya menjadi sebuah ilmu.
2. BAGAIMANA JIKA TEKNOLOGI BERDAMPAK NEGATIF ? APAKAH ILMU PENGETAHUAN TURUT BERDAMPAK NEGATIF ? KARENA KATANYA TIDAK DAPAT DIPISAHHKAN.
            Menurut saya pertanyaan ini sangat sulit untuk dijawab, karena ini menyangkut soal siapa yang disalahkan? Ketika kita ingin menyalahkan sesuatu yang memang berhubungan satu sama lain. Jadi saya berpendapat bahwa ketika teknologi ini memberikan dampak negatif bagi kita, maka secara tidak langsung ilmu pengetahuan jugalah yang meberikan dampak kepada kita, mengapa  saya katakana demikian?, Karena yang ditekankan dari awal bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi itu sesuatu yang tidak dapat dipisahkan, teknologi merupakan suatu produk dari pengembangan ilmu pengetahuan yang ada, teknologi ada karena ilmu pengetahuan.











KELOMPOK 5 (PERKEMBANGAN TEKNOLOGI)
1. SEBERAPA BESARKAH PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP UMAT MANUSIA ?
            Menurut saya dampak yang diberikan dari teknologi kepada kita kita bersifat relatif, karna ada orang yang sangat merasakan positifnya dan begitu pula sebaliknya, jika kita lihat secara luas teknologi ini sangat mempengaruhi pola hidup masyarakat dimasa globallisasi ini, sudah banyak para innovator yang berlomba lomba menciptakan teknologi sebagai alat untuk mempermudah manusia dari segala bidang, seperti mobillitas dan komunikasi manusia, hal ini juga sangat berdampak terhadap sikap manusia menjadi pemalas dan ingin semua yang dikerjakan itu simple, selain dampak individu yang diberikan teknologi juga memberikan dampak yang sangat berbahaya terhadap seluruh umat manusia, contohnya saja yaitu global warming akibat penipisan ozon di atmosphere karna membludaknya carbon yang  dikeluarkan atau gas buangan dari berbagai produk teknologi yang dibuat oleh manusia, tapi sekali lagi saya tekankan bahwa dampak dari teknologi bersifat relative, semua tergantung dari siapa,bagaimana,mengapa dan untuk apa mereka enggunakannya.

2. APAKAH NANO TEKNOLOGI DAPAT MENGATASI POLUSI DUNIA?
            Menurut kami, Nanoteknologi merupakan suatu produk buatan manusia yang ditujukan untuk manusia yang sangat kecil tetapi memiliki fungsi yang sangat besar, seperti chip/kartu memori yang memiliki ukuran kecil tapi memiliki kapasitas yang sangat memadai, nah ini juga berhubungan dengan pencegahan atau mengatasi polusi yang ada didunia ini, mengapa demikian? Karena nanoteknologi akan mengikat zat-zat carbon yang ada diudara atau atmosfer dan akan menjadikannya menjadi zat zat yang tidak berbahaya bagi manusia, ini mungkin saja terjadi dimasa yang akan datang, misalnya produk nanoteknologi ini akan diberikan pada kendaraan bermotor yang notabenenya banyak mengeluarkan polusi yang berbahaya terhadap keberlangsungan dunia.jadi tidak menutup kemungkinan nanoteknologi akan mengatasi masalah masalah lainnya yang membahayakan keberlangsungan hidu manusia dimasa akan datang khususnya pada polusi dunia.







KELOMPOK 6 (DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI)
1. BAGAIMANA CARA MENETRALISIR DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI BAGI GENERASI MUDA?
            Yang pertama harus ditekankan adalah bagaimana cara orang tua memberikan pengawadan dan pengetahuan yang baik terhadap penerapan teknologi,dan yang kedua adalah, kita harus baik baik dalam memfilter apapun yang akan memberikan dampak negative untuk diri kita,yah memang itu cara yang baik, akan tetapi yang menjadi permasalahan bahwa, adakah rasa keprihatinan pada generasi muda yang menggunakan teknologi ini secara sembarangan? Itulah yang menjadi perma dalam pemasalahan terbesar dalam mencegah adanya dampak negative akan teknologi, jadi mungkin pengawasan dan didikan awal lah dari orang tua yang mengenalkan dan mengawasi anaknya untuk menyikapi dengan baik perkembangan teknologi ini.

2. APAKAH ADA KEMUNGKINAN TEKNOLOGI AKAN HILANG ? JIKA IYA, KENAPA ?
            Menurut saya, ada saatnya nanti teknologi akan hilang, Karena selama yang kita ketahui bahwa teknologi ini ada karna manusia, dan ketika hari kiamat ataupus hari erakhirnya seluruh peradaban didunia ini, maka dapat saya simpulkan bahwa teknologi akan hilang pula dari muka bumi, dan saya pernah dengar bahwa, ketika kiamat sudah dekat aka nada masanya ketika semua teknologi yang pernah dibuat manusia akan musnah dan kembali ke peradaban lalu, tanpa adanya teknologi modern.











KELOMPOK 8 (INTEGRITAS DAN ASPEK ETIKA IPTEKS)
1. SEBUTKAN PERANAN ETIKA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT ?
Dalam kehidupan bermasyarakat, etika memiliki peranan yang penting. Etikadalam dunia pendidikan sudah dikenal sejak sekolah dasar hingga perguruan tinggi danmenjadi mata perlajaran atau mata kuliah khusus yang mengajari bagaimana cara bersikap yang baik di masyarakat. Oleh karena itu alumnus dari sekolah maupun perguruan tinggi manapun sudah seharusnya memiliki pengetahuan moral yang tinggi,tetapi jika sebaliknya, alumnus tersebut dapat digolongkan menjadi seseorang yang salahdidik.Peranan etika sebagai suatu ilmu, dapat dijadikan sebagai himpunan teori moral,yang dapat dipraktekkan dalam pergaulan hidup sehari-hari. Bila masyarakat sudah bersedia mematuhinya, maka terbentuklah norma-norma yang digariskan sebagai "suatuhukum moral” dan bersifat mengikat dan etika dapat menjadi unsur pembantu
            Dalam ilmu-ilmu sosial lainnya, terutama pada ilmu hukum dengan objek utamanya yaitumanusia.Sebagai suatu teori, etika juga diperkaya oleh praktek nyata dalam kehidupanmasyarakat. Dengan demikian antara teori dan praktek,dapat saling menyokong dalam pembinaan moral masyarakat.Tugas utama dari etika itu adalah untuk menentukan kebenaran tentangmasalah moral dan bagaimana pandangan atau tanggapan umum terhadap norma-normamoral yang telah digariskan dalam kehidupan masyarakat. Etika menuntut setiap oranguntuk bersikap rasional terhadap semua norma yang pada akhirnya membentuk manusiamenjadi lebih otonom dan memberi kemungkinan kepada kita untuk mengambil sikapserta ikut menentukan arah perkembangan masyarakat. Etika menyelidiki pernyataan- pernyataan moral yang merupakan perwujudan dari pandangan dan persoalan dalam bidang moral.
Etika juga menjadi tolak ukur dalam menghadapi berbagai perbedaan moral yangada di masyarakat. Sehingga masyarakat dapat berargumentasi secara rasional dan kritisserta dapat mengambil sikap wajar dalam menghadapi sesamanya.

2. BAGAIMANA TANGGAPAN ANDA TENTANG OPINI YANG DIBERIKAN OLEH MEDIA YANG SEHARUSNYA DISUGUHI OLEH FAKTA ?
            Menurut saya media ini menyuguhkan sebagian fakta yang mereka dapatkan, tetapi media dengan memberikan atau memasukkan berbagai kalimat kalimat opini seperti majas yang dimasukkan bertujuan untuk menarik pembaca untuk membaca ataupun melihat berita yang diberikan oleh media, akan tetapi memang ada oknum – oknum dari media yang memang mengeluarkan berita yang tidak berdasarkan atas fakta, dan hanya ingin memberikan sensasi agar menarik minat pembaca (masyarakat)





No comments:

Post a Comment

Blogroll

About