Sunday, June 4, 2017

Dinamika dan Tantangan Pancasila Seabagi Sistem Filsafat

Share it Please



DINAMIKA DAN TANTANGAN PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT

                Sebelum kita melangkah lebih jauh tentang tema yang akan kita akan diangkat, alangkah baiknya kita terlebih dahulu mengetahui apa sih itu filsafat ?
Filsafat adalah pandangan hidup seseorang atau sekelompok orang yang merupakan konsep dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan. Menurut Harun Nasution filsafat adalah berfikir menurut tatatertib (logika) dengan bebas (takterikattradisi, dogma atau agama) dan dengan sedalam-dalamnyasehinggasampaikedasar-dasarpersoalan
ArtiPancasilasebagaidasarfilsafatadalahsamadanmutlakbagiseluruhtumpahdarah Indonesia. Tidakadatempatbagiwarganegara Indonesia yang pro dankontra, karenaPancasilasudahditetapkansebagaifilsafatbangsa Indonesia.
FilsafatPancasilamerupakanrefleksikritisdanrasionaltentangPancasilasebagaidasarnegaradankenyataanbudayabangsadengantujuanuntukmendapatkanpokok-pokokpengertiansecaramendasardanmenyeluruhdaributir-butirpancasila. Dengandemikian, filsafatPancasilaakanmengungkapkankonsep-konsepkebenaran yang bukansajaditujukanpadabangsa Indonesia, melainkanbagimanusiapadaumumnya. Baikdariaspekontologis,  aspekepistemologi, maupunaspekaksiologi.

Diakhir akhir ini kita melihat, kemrosotan dalam suatu pemaknaan dari lima nilai luhur dalam pancasila, menurut saya ini merupakan kurangnya daya olah otak dari manusia itu sendiri, mengapa demikian ? karena saya yakin bahwa jika setiap manusia benar benar memahami secara hakiki fungsi dan tujuan dari pancasila itu sendiri maka tak akan ada pengikisan nilai, penelantaran suatu ideologi negara yang disisihkan leh arus perkembangan zaman dimasa kini, disinilah fungsi dari suatu filsafat sebagai wadah atau tempat para pemuda pemuda indonesia untuk lebih merenungi lagi arti dan makna dari nilai nilai dalam pancasila itu.
Dan perlu disayangkan bahwa, terlalu banyak tantangan yang dialami dalam pengaktualisasian pancasila dalam hal sistem filsafat, karena terlalu banyaknya masyarakat yang terhegemoni dalam belenggu budaya asing , yang terus menerus menciptkan suatu gaya hidup yang berubah menjadi kebutuhan bagi bangsa kita. Sehingga terbentuklah suatu masyarakat yang futuristik tapi buta akan budayanya sendiri termasuk ideologinya yaitu Pancasila.
Terimakasih.

No comments:

Post a Comment

Blogroll

About