WAWASAN IPTEKS
DOSEN :
Dr.Ir.ABD.RASYID JALIL,M.Si
NAMA : ANDI
MUHAMMAD RYAS YUNUS
NIM : B11116377
PRODI : ILMU HUKUM
KELAS : IPTEKS 21
TUGAS : Rangkuman Riwayat Diskusi
KELOMPOK 1 (MANUSIA DAN ALAM SEMESTA)
1. BAGAIMANA MENURUT KELOMPOK ANDA TENTANG PERKEMBANGAN IPTEKS
SEKARANG, YANG MEMBUAT DEKAT MENJADI JAUH DAN JAUH MENJADI DEKAT, APAKAH KITA
HARUS KEMBALI KE ZAMAN DULU ?
Menurut pandangan saya,
memang ipteks ini pada kenyataannya mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang
dekat, yah itulah globalisasi, kita tidak boleh memandang ipteks ini dari satu
sisi pandangan saja secara subjektif, kita harus memandang ipteks ini dari
segala sisi, disamping ipteks ini menimbulkan yang dekat ini menjadi jauh,
ipteks juga membantu untuk mendekatkan kita dari yang jauh, jadi dari segi
luasnya sebaiknya kita menyikapi perkembangan ipteks ini sebagaimana mestinya,
karena ipteks juga memberikan manfaat yang sangat besar terhadap manusia. Nah,
pada masalah kembali ke zaman dulu, mungkin saya kurang setuju karena, yang
pada hakikatnya tak ada waktu yang berjalan mundur dan bumi itu bersifat
dinamis, yang mengikuti perkembangan zaman, jadi tidak muungkin kita kembali ke
zaman dulu dan menggunakan kebiasaan kebiasaan dulu. Dan kita ketahui juga
manusia itu memiliki sifat yang tak pernah puas, kalaupun kita kembali ke zaman
dulu, tidak menutup kemungkinan hal sekarang ini akan terjadi lagi, jadi
intinya adalah bagaimana ketika menyikapi dengan baik dan mengikuti
perkembbangan ipteks saat ini dan masa mendatang.
2. KENAPA MANUSIA TIDAK PERNAH PUAS ? DAN BERIKAN CONTOHNYA!
Nah, pertanyaan ini
sangatlah menarik, bahwa mengaoa manusia itu tidak pernah puas? Kalau kita
melihat sekitar ribuan tahun yang lalu, dimana ada seorang yang berfikiran
ataukah mempertanyakan mengapa kita harus percaya dengan Dewa yang kita tidak
ketahui pastinya? Lalu dia pun bertanya terus menerus? Merenungi kenapa kita
ini diciptakan? Dari mana kita ini diciptakan ? itu adalah “Thales” filsuf
yunani pertama. Ini membuktikan bahwa kita memang dari zaman dahulu sampai
sekarang bias dikatakan tidak pernah puas, kita bahas hal hal mendasar saja,
mungkin setiap hari kita memiliki satu pertanyaan dalam hidup kita, dimana
menurut saya ketika kita bertanya? Maka seketika itulah muncul suatu ketidak puasan
dalam diri kita, dan memang kita diberikan akal oleh Sang Pencipta untuk
berfikir, salah satunya yaitu bertanya.dan menurut agama agam wahyu juga, pada
masa awal manusia ada dibumi, itu karena suatu ketidakpuasan batin dari Nabi Adam, karena rasa penasaran atau
pertanyaan kepada buah huldi tersebut.
KELOMPOK
2 (ILMU PENGETAHUAN DAN PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN)
1. MENURUT ANDA, ILMU PENGETAHUAN LEBIH BANYAK POSTITIFNYA ATAU
NEGATIFNYA, KENAPA ?
Menurut saya segala
sesuatu yang diciptkan pasti ada negative dan positifnya, mengapa demikian?
Karena sejauh yang saya alami bahwa segala sesuatu yang diciptkakan itu tidak ada yang sia-sia, artinya semua
ilmu pengetahuan itu memiliki positif dan negatif, artinya menurut saya sesuatu
itu tergantung pada bagaimana kita menerapkan ilmu pengetahuan, jika kita
menerapkan ilmu pengetahuan sebagaimna mestinya atau bias dikatakan yang
bermanfaat, maka ilmu itu akan memiliki banyak dampak positif bagi kita,
begitupun sebaliknya, jadi kesimpulannya bahwa kita tidak bias menyalahkan
objeknya(ilmu pengetahuan) yang notabenenya banyak orang yang berkata bahwa
ilmu pengetahuan ini banyak kerugiannya, tetapi oknum oknum yang menggerakkan
objek ini kan ayang membuatnya begitu.
2. BAGAIMANA PENDAPAT ANDA?, APAKAH PADA TAHUN YANG AKAN DATANG
PENGETAHUAN ITU AKAN BERHENTI BERKEMBANG?
Menurut saya, nah kita
berbicara tentang yang akan datang, kalau kita berbicara tentang masa yang akan
datang maka ada 2 pilihan, masa yang akan di akhirat ataukah didunia, saya akan
membahas lebih mendalam tentang didunia.didunia ini tidak sesuatu yang tak
terbatas kecuali Sang Pencipta(Allah SWT),jadi saya akan mengecualikan terlebih
dahulu tanpa mengurangi esensi dari Allah SWT, didunia ini segala sesuatu itu
terbatas, baik itu sumber daya alam hayati, maupun ilmu pengetahuan yang dari
dulu hingga sekarang berkembang dengan pesat, jadi dapat saya simpulkan bahwa,
ilmu pengetahuan itu memiliki batas perkembangan dan akan berhenti ketika sudah
mencapai batas ataupu berhenti jika sudah semestinya berhenti, mungkin itu
karna ketidakpedulian lagi manusia yangb akan daatang terhadap ilmu pengetahuan
ataupun dihentikan oleh hari kiamat,jadi menurut saya ilmu pengetahuan itu
terbatas dan mempunyai akhir.
KELOMPOK 3 (ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI)
1. YANG MANAKAH LEBIH DULU ADA
ILMU ATAU PENGETAHUAN ?
Menurut saya yang lebih dulu ada
yaitu pengetahuan karena Untuk bepengetahuan seseorang cukup buka mata, buka telinga,
pahami realitas, hafalkan, sampaikan. Adapun untuk berilmu, maka metodenya menjadi
lebih serius. Tidak sekedar buka mata, buka telinga, pahami realitas, hafalkan,
sampaikan, secara serampangan. Seseorang yang ingin berilmu, pertama kali ia
harus membaca langkah terakhir manusia berilmu, menangkap masalah, membuat
hipotesis berdasarkan pembacaan langkah terakhir manusia berilmu, kemudian
mengadakan penelitian lapangan, membuat pembahasan secara kritis dan akhirnya
barulah ia mencapai suatu ilmu. Ilmu yang ditemukannya sendiri. Jadi ilmu
itu adalah ketika seseorang telah berpengetahuan dan menyusunnya menjadi sebuah
ilmu.
2. BAGAIMANA JIKA TEKNOLOGI BERDAMPAK NEGATIF ? APAKAH ILMU
PENGETAHUAN TURUT BERDAMPAK NEGATIF ? KARENA KATANYA TIDAK DAPAT DIPISAHHKAN.
Menurut saya pertanyaan
ini sangat sulit untuk dijawab, karena ini menyangkut soal siapa yang
disalahkan? Ketika kita ingin menyalahkan sesuatu yang memang berhubungan satu
sama lain. Jadi saya berpendapat bahwa ketika teknologi ini memberikan dampak
negatif bagi kita, maka secara tidak langsung ilmu pengetahuan jugalah yang meberikan
dampak kepada kita, mengapa saya
katakana demikian?, Karena yang ditekankan dari awal bahwa ilmu pengetahuan dan
teknologi itu sesuatu yang tidak dapat dipisahkan, teknologi merupakan suatu
produk dari pengembangan ilmu pengetahuan yang ada, teknologi ada karena ilmu
pengetahuan.
KELOMPOK 5 (PERKEMBANGAN TEKNOLOGI)
1. SEBERAPA BESARKAH PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP UMAT MANUSIA ?
Menurut saya dampak
yang diberikan dari teknologi kepada kita kita bersifat relatif, karna ada
orang yang sangat merasakan positifnya dan begitu pula sebaliknya, jika kita
lihat secara luas teknologi ini sangat mempengaruhi pola hidup masyarakat
dimasa globallisasi ini, sudah banyak para innovator yang berlomba lomba
menciptakan teknologi sebagai alat untuk mempermudah manusia dari segala
bidang, seperti mobillitas dan komunikasi manusia, hal ini juga sangat
berdampak terhadap sikap manusia menjadi pemalas dan ingin semua yang
dikerjakan itu simple, selain dampak individu yang diberikan teknologi juga
memberikan dampak yang sangat berbahaya terhadap seluruh umat manusia,
contohnya saja yaitu global warming akibat penipisan ozon di atmosphere karna
membludaknya carbon yang dikeluarkan
atau gas buangan dari berbagai produk teknologi yang dibuat oleh manusia, tapi
sekali lagi saya tekankan bahwa dampak dari teknologi bersifat relative, semua
tergantung dari siapa,bagaimana,mengapa dan untuk apa mereka enggunakannya.
2. APAKAH NANO TEKNOLOGI DAPAT MENGATASI POLUSI DUNIA?
Menurut kami,
Nanoteknologi merupakan suatu produk buatan manusia yang ditujukan untuk
manusia yang sangat kecil tetapi memiliki fungsi yang sangat besar, seperti
chip/kartu memori yang memiliki ukuran kecil tapi memiliki kapasitas yang
sangat memadai, nah ini juga berhubungan dengan pencegahan atau mengatasi
polusi yang ada didunia ini, mengapa demikian? Karena nanoteknologi akan
mengikat zat-zat carbon yang ada diudara atau atmosfer dan akan menjadikannya
menjadi zat zat yang tidak berbahaya bagi manusia, ini mungkin saja terjadi
dimasa yang akan datang, misalnya produk nanoteknologi ini akan diberikan pada
kendaraan bermotor yang notabenenya banyak mengeluarkan polusi yang berbahaya
terhadap keberlangsungan dunia.jadi tidak menutup kemungkinan nanoteknologi
akan mengatasi masalah masalah lainnya yang membahayakan keberlangsungan hidu
manusia dimasa akan datang khususnya pada polusi dunia.
KELOMPOK 6 (DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI)
1. BAGAIMANA CARA MENETRALISIR DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI BAGI GENERASI
MUDA?
Yang pertama harus
ditekankan adalah bagaimana cara orang tua memberikan pengawadan dan
pengetahuan yang baik terhadap penerapan teknologi,dan yang kedua adalah, kita
harus baik baik dalam memfilter apapun yang akan memberikan dampak negative untuk
diri kita,yah memang itu cara yang baik, akan tetapi yang menjadi permasalahan
bahwa, adakah rasa keprihatinan pada generasi muda yang menggunakan teknologi
ini secara sembarangan? Itulah yang menjadi perma dalam pemasalahan terbesar
dalam mencegah adanya dampak negative akan teknologi, jadi mungkin pengawasan
dan didikan awal lah dari orang tua yang mengenalkan dan mengawasi anaknya
untuk menyikapi dengan baik perkembangan teknologi ini.
2. APAKAH ADA KEMUNGKINAN TEKNOLOGI AKAN HILANG ? JIKA IYA, KENAPA ?
Menurut saya, ada
saatnya nanti teknologi akan hilang, Karena selama yang kita ketahui bahwa
teknologi ini ada karna manusia, dan ketika hari kiamat ataupus hari erakhirnya
seluruh peradaban didunia ini, maka dapat saya simpulkan bahwa teknologi akan
hilang pula dari muka bumi, dan saya pernah dengar bahwa, ketika kiamat sudah
dekat aka nada masanya ketika semua teknologi yang pernah dibuat manusia akan
musnah dan kembali ke peradaban lalu, tanpa adanya teknologi modern.
KELOMPOK 8 (INTEGRITAS DAN ASPEK ETIKA IPTEKS)
1. SEBUTKAN PERANAN ETIKA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT ?
Dalam kehidupan bermasyarakat, etika memiliki peranan
yang penting. Etikadalam dunia pendidikan sudah dikenal sejak sekolah dasar
hingga perguruan tinggi danmenjadi mata perlajaran atau mata kuliah khusus yang
mengajari bagaimana
cara bersikap yang baik di masyarakat. Oleh karena itu alumnus dari sekolah maupun perguruan tinggi manapun sudah seharusnya memiliki pengetahuan moral yang tinggi,tetapi
jika sebaliknya, alumnus tersebut dapat digolongkan menjadi seseorang yang
salahdidik.Peranan etika sebagai suatu ilmu, dapat dijadikan sebagai himpunan
teori moral,yang dapat dipraktekkan dalam pergaulan hidup sehari-hari. Bila
masyarakat sudah bersedia mematuhinya, maka terbentuklah norma-norma yang digariskan sebagai "suatuhukum
moral” dan bersifat mengikat dan etika dapat menjadi unsur pembantu
Dalam ilmu-ilmu sosial lainnya,
terutama pada ilmu hukum dengan objek utamanya yaitumanusia.Sebagai suatu
teori, etika juga diperkaya oleh praktek nyata dalam kehidupanmasyarakat.
Dengan demikian antara teori dan praktek,dapat saling menyokong
dalam pembinaan moral masyarakat.Tugas utama dari etika itu adalah untuk
menentukan kebenaran tentangmasalah moral dan bagaimana pandangan atau
tanggapan umum terhadap norma-normamoral yang telah digariskan dalam kehidupan
masyarakat. Etika menuntut setiap oranguntuk bersikap rasional terhadap semua
norma yang pada akhirnya membentuk manusiamenjadi lebih otonom dan memberi
kemungkinan kepada kita untuk mengambil sikapserta ikut menentukan arah
perkembangan masyarakat. Etika menyelidiki
pernyataan- pernyataan moral yang merupakan perwujudan dari pandangan dan persoalan dalam bidang
moral.
Etika juga menjadi tolak ukur dalam menghadapi berbagai perbedaan moral
yangada di masyarakat. Sehingga masyarakat dapat berargumentasi secara rasional
dan kritisserta dapat mengambil sikap wajar dalam menghadapi sesamanya.
2. BAGAIMANA TANGGAPAN ANDA TENTANG OPINI YANG DIBERIKAN OLEH MEDIA
YANG SEHARUSNYA DISUGUHI OLEH FAKTA ?
Menurut saya media ini
menyuguhkan sebagian fakta yang mereka dapatkan, tetapi media dengan memberikan
atau memasukkan berbagai kalimat kalimat opini seperti majas yang dimasukkan
bertujuan untuk menarik pembaca untuk membaca ataupun melihat berita yang
diberikan oleh media, akan tetapi memang ada oknum – oknum dari media yang
memang mengeluarkan berita yang tidak berdasarkan atas fakta, dan hanya ingin
memberikan sensasi agar menarik minat pembaca (masyarakat)
No comments:
Post a Comment